Tips menanggulangi satria ngebul...
sering merhatiin asep yg keluar dari knalpot motorloe ngga bro?
kalo banyak banget mah itu tandanya ngga normal, emangnya kita petugas fogging DBD apa...
jadi jelas kerugian asap yg ngebul itu banyak beneeeerrrr... hah...
buat kita sendiri ya dah pasti oli samping cepet banget abis karena keborosan...
terus karena borosnya oli yg masuk ke ruang bakar, akhirnya mengakibatkan pembakaran tidak terjadi secara sempurna, yg hasilnya kerak yg menimbun, akhirnya akselerasi terganggu dan ongkos service pun jadi mesti sering kita keluarkan....
belom buat boncenger (yg biasanya yayang kita) pun bakalan jadi lebih harum lagi karena kita make oli samping yg ada perfume nya...
dan yg terakhir yg agak ngenes itu, kita disumpahin atau dibatinin orang, karena waktu di jalan pas macet pas mereka ada di belakang motor kita, mereka jadi mo ga mo menghirup polusi yg brasal dari asep yg ngebul itu...
atau ada tips juga:
Buka pipi samping kiri mesin yg ada pemindah giginya(pemindah giginya dilepas dulu ya) terus kan ada setelan baut 12 diatas gear depan tuh, udah ngeliat?ditinggal dululah, nah sekarang dibelakang (sebelah kanan) gear depan itu ada karet penutup bulet gitu deh(yg paling bawah) itu dicopot, terus nanti ada keliatan pompa olinya tuh, nah diliat disitu sambil ditarik gasnya, ada titik sama garis-garis, nah biasanya kalo gw, gw tarik gas sampe full(mesin mati yeee...) terus disejajarin titik sama garis yg keduanya, bukan yg pertama(nanti keiritan, pokoknya diset baut 12 yg tadi itu diantara garis pertama dan garis kedua deh).
photo pompa oli satria...




A.Skrup stelan/tali gas
B.Mur pengunci
1.Tanda garis
2.Indek titik
3.Indek titik garis
4.Indek garis
5.Jalur oli crankcase kiri
6.Jalur oli crankcase kanan
7.Selang pernapasan crankcase
8.Selang dari tanki olsam
itu link gambar, kalo ga bisa diklik langsung dari dokumen, dicopas aja linknya ke jendela atau tab baru browsernya, baru bisa dibuka lagi...
intinya sih itu photo pic.1 itu sebenernya stelan standar, dengan catatan, stelan gas yg di bawah grip stang itu dah pas, jadi pas plintiran gas sprempat, garis tadi yg nomer 1 itu pas sejajar dengan titik di nomer 2, splintiran gas stengah pas disekitaran titik 3, full throttle pas disekitaran titik nomer 4 atau lebih...
yg lebih penting lagi kebetulan itu blom dikasih nomer keterangan,di link PIC.1 itu yg keliatan item ada pelornya yg di tengah baut, itu sbenernya gerak2 maju mundur kaya mompa, ya namanya juga pompa olsam ya... :malus
smoga bermanfaat...
Mnta foto lebih detailnya dong bro,buat urutan selangnya,antara 5 6 dan 7 itu kemana aja,soalnya ane newby.bru dpt ni mtr,kmrn bkasnya pke bnsin campur.jdi ane mau coba pke pompa oslamnya lg.
BalasHapusMohon pencerahanya
Selang pompa oli satria itu terhubung kemana aja yaa?
BalasHapusNewby bru pnya satria hiu ,tapi bekas gak pake pompa oli,minta pencerahanya donk buat para rider.
Kemarin malah ada salah satu selang kecil saya hubungkan ke lubang kecil di bgian depan monoshock,alhasil motor malah susah hidup,(ternyata itu keknya lubang pernapasan crankcase)
thank bro... bermanfaat bangat...
BalasHapusMau tanya gmn caranya menyetel pompa oli samping satria udah sya setel tpi olinya ga mau keluar..mhn solusinya terima kasih
BalasHapusMakasih infonya bro, bermanfaat banget..
BalasHapusOkeh
BalasHapus