susah jetting karburatornya di SS120? (Suzuki Satria 120)
ada info nih buat yang mau ngoprak ngoprek sendiri..
semoga bermanfaat gays :ngakaks
LET'S BEGIN...
copas dari forum sebelah nih, ijin sama bos planusx...
=>bos planusx:
Karena banyak pertanyaan via PM dan sms ttg jetting, maka saya memberanikan diri untuk bikin panduan sederhana jetting.....
Walo jelaas masih banyak yg lebih canggih dlm ilmu jetting daripada saya, tanpa mengurangi rasa hormat pada master2.
Saya persembahkan.............
PANDUAN SIMPEL JETTING
Kenali Karbu Anda, apa itu MJ?? PJ?? Jet Needle?? needle Jet dan konco2nya.....
Pertama anda harus mulai familiar dengan bagian2 dari karbu anda, berikut adalah bagian paling umum dari Karbu :
hape...
1. Air Mix Screw (stelan udara)
Biasanya berupa baut -(minus) kecil di dekat setelan gas. Gunanya mengatur pasokan udara pada saat idle. Jika diputar searah jarum jam/dikencengin, akan berakibat kurangnya pasokan udara. Jika diputar sebaliknya akan menambah pasokan udara.
*untuk mesin normal setelan udara adalah 1 s/d 2,5 putaran berlawanan jarum jam dari posisi tertutup
2. Idle Screw (stelan gas)
Berupa putaran mencolok, disisi kiri or kanan karbu. Gunanya mengatur pasokan bensin pada saat idle. Jika dikencengin or diputar searah jarum jam akan menambah debit bensin pada saat idle dan sebaliknya.
3. Pilot jet or PJ or idle jet
bertugas menyediakan pasokan bensin yg diperlukan saat starter, mesin idle(diam), dan pada bukaan gas 0-1/8
4. Main jet or MJ
bertugas menyediakan pasokan bensin pada saat bukaan gas 3/4 sampai full.
5. Pelampung or Float
Jangan remehkan bagian yg satu ini, klo salah dijamin ndak bakal enak karbunya
6. Valve or Skep
Yang mengatur buka tutup pada karbu, bentuk yang umum : kotak(mikuni TM) , sabit / oval (keihin PWK, mikuni TMX) , bulat (mikuni VM, keihin PE)
7. Jet needle
Jarum skep, sangat2 berpengaruh dlm jetting. Klo pendapat saya bagian inilah yg menentukan karakter karbu. efek di 1/8-3/4 throttle.
8. Needle jet
Rumah jarum, ada dua type: (kanan-primary / kiri-bleed)
*]primary biasanya untuk 2 tak
*]bleed biasanya untuk 4 tak
secara umum yg tipe primary lebih basah / rich drpd yg tipe bleed.
artinya:
kalo yg model primary lebih enak buat gaspol / topspeed
kalo yg model bleed lebih enak buat akselerasi / tarikan bawah
Siapkan alat2 yg diperlukan
Jetting harus serius, siapkan seolah2 anda bersiap u/ kencan.... Apa ajah yg harus disiapkan??
1. Busi bersih, klo bisa sih yg baru.. kenapa??? karena jetting nanti salah satu parameter adalah dari warna pada busi. Tujuan kita adalah merah bata. La klo pake busi yg dah kotor jadi sulit dong identifikasinya.
2. Set PJ and MJ minimal ada 2 biji, yg satu lebih gede satunya lebih kecil.
3. Cek seluruh alur karbu, jika ada kebocoran udara, segera bereskan. Dijamin akan setengah mampus jettingnya jika ada kebocoran udara, gak bakalan nemu yg pas
4. Cek ketinggian pelampung ato float, posisi idealnya adalah jika ujung pelampung menyentuh, tidak menekan (tunggu ya ane cariin gambarnya)
http://www.otomotifnet.com/spaw/uploads/image/Kanal%20MOTOR/Tips/2011/04-April/20110420thunder_2.jpg
5. Pastikan motor dalam kondisi prima...
6. Throttle marker, apa kah ini???ini yang paling penting, ini adalah penanda bukaan gas buat indikator bagian karbu mana yg lagi kerja. Its a must, wajib dipake biar lebih mudah jettingnya. Ini harus dibikin sendiri. contohnya seperti ini
===
cara jetting karbu menurut pengalaman gw... kalo salah jangan ikutin...
sebenernya kan jetting karbu simpel aja, udah jelas RPM bawah sampe tengah itu yg kerja PJ sama jarum skep(dengerin tuh kata bos jin), karena mesin yg sudah dimodifikasi butuh penyesuaian juga di karbu, nah ini yg namanya jetting... dan disitulah biasanya kepuasan hobby ngoprek terjadi, selesai oprek mengoprek mesin blok dan head plus knalpot selesai, sentuhan terakhirnya di karbu, jadi kalo karbu blom nemu jettingnya sih ya jangan langsung dibejeg full dulu dah.
intinya cari MJ/spuyer yg pas dulu, soalnya ini yg paling susah dan beresiko, kan kalo ngga pas itu MJ/spuyernya bisa rontok tuh mesin kalo maen asal bejeg ajah, akhirnya buyar deh cuma karena MJ harga jigo malah jadi kekeringan trus rontok trus jadinya jutaan dah mbenerinnya, jadi cara jetting MJ/spuyer yg pas ya karena dia bekerjanya di full throttle alias gas mentok, ya mesti nyari tempat sepi dulu, atau kalo ada duit lebih bisa masuk bengkel yg ada mesin dynonya itu lebih mantep lagi, kembali ke tempat sepi biar ngga ditimpuk sendal ma tetangga hehe...
sebenernya sih ngetest MJ harus ditest jalan ya, artinya mesti di gigi atas (4/5/6) terus gas mentok, biasanya kalo kekecilan/kekeringan ada suara sampe kreket kreket gitu(jangan terus dipaksain yaa hehe), naekin deh MJ setingkat terus coba lagi, kurang.. naekin lagi... coba lagi... sampe ketemu settingan basah yg artinya kalo kegedean / kebasahan itu pas lagi gas mentok di gigi atas terus diturunin gasnya sedikit sekitar ¼ - ½ itu masih nyelonong atau masih ada tenaganya, ngga langsung ngedrop kaya kalo kita abis ngegas terus diturunin dikit gasnya gitu deh rasanya, kan itu artinya di ruang mesin masih banyak bengsinnya tuh... begitu sih kalo pengalaman gw... (atau ada juga yg tetep aja masih kreket kreket terus pas dah gaspol, padalan dah naekin MJ mpe gede apalagi mpe dirojok paku atau jeruji... :ngakaks ; itu artinya head bermasalah, entah kebanyakan papasannya atau squish ngga bener sperti misalnya ngga sesuai dgn diameter pistonnya dll) biasanya ciri2nya busi tetep berwana putih, dan ditemukan totol totol di head silindernya...
cek modif head silinder ala om chia...
hape..
atau ada juga yg sebenernya sih ngga presisi banget tapi lebih aman dikit lah, yg motornya ada RPMnya bisa distandarin tengah aja terus digas mentok ditempat tuh sambil liat jarum RPMnya, buat yg pake CDI standar sih sebenernya santai aja soalnya kalo lebih dari 14500 kena limit kok, cuma kan blom tentu juga MJ di karbunya bisa teriak sampe segitu, kalo pas ditest baru 10rb aja udah teriak knalpotnya bisa rontok kan mesin, jadi ati² ye hehehe...
tadi sampe digas mentok itu RPM lewat dari redline atau malah sampe lewat dari angka terakhirnya brarti MJ masih kurang, biasanya pas lewat gitu mesin kek mo mati kena limit CDInya, yg pas itu ya digas mentok keadaan diem tadi dia mulai brebet/basah di angka terakhirnya, itu udah pas bener dah, lewat dikit dari angka terakhir atau masih disekitar redline gpp deh...
biar lebih aman.. stelah gas mentok matiin mesin tunggu bentaran, bongkar busi cek warnanya... cekidot...
hape...
selesai jetting MJ/spuyer baru kita bergerak ke PJ/pilot, sebenernya sih udah selesai di MJ juga gpp, cuma kan kalo buat harian kita mesti menyesuaikan trek yg kita sering lewatin tuh sama bengsin tentunya dong yaaa, soalnya semakin gede PJ pasti semakin boros lah... nah ini yg jadi seni di jetting karbu nih, soalnya ada 2 item yg mesti kita setting, PJ sama jarum skep(terlepas di karbu tuh ada banyak sebenernya, ada needle jet tempat jet needlenya/jarum skep, ada skepnya sendiri, ada pelampung) cuma ya yg gampang PJ sama jarum skep aja dah, yg laen²nya dibiarin standar aja dulu...
kalo motor cuma buat sabtu minggu sih ga mikirin ni motor enak dibuat jalan² sama bensinnya kali ya, jadi ya jejelin aja PJ yg gede sama jarum skep yg profilenya kurus buat nafas bawahnya tambah panjang, utk jetting PJ sama jarum skep yg model motor peruntukannya kek begini sih gampang bener... cari jarum dengan nomer/huruf di jarumnya tuh yg rich atau cari nomer/huruf nya dengan satu nomer/huruf depan yg sama, terus nomer/huruf selanjutnya cari yg menuju ke profile kurus atau lancip, terus ditest jalan deh, aman dong soalnya kan cuma sampe RPM 5000/7000 an lah, ini untuk mencari ukuran PJ yg pas dengan jarum skep yg udah diganti profile rich atau kurus atau lancip tadi...
lanjut sampe ditest jalan, biasanya sama kaya waktu jetting MJ/spuyer, yg dicari itu brebetnya dulu(mendingan nyari basah dulu dari pada kekeringan) kalo ada RPMnya biasanya keliatan di sekitar 5000-7000an pas dimana itu brebetnya(ini mesti test jalan), kalo ga ada RPM ya di gas ¼-½ puteran biasanya kerasa nanti ada perbedaannya...
udah gitu doang untuk PJnya, kalo yg buat sabtu minggu doang ya jelas dong yg dicari itu brebet² dikit tapi pas gas ditambah langsung loncat hehehe ya kaaannnn...
kalo buat harian biasanya ya jarum skep sih standarnya aja, terus dicari deh PJ yg paling pasnya, ya kaya yg tadi diatas itu, ditest jalan di RPM sekitar segitu dicari PJ yg menghasilkan brebet²nya dulu, blom brebet terus naekin setingkat, cobalagi... belom juga, naekin lagi, cobalagi.... kalo udah ketemu brebet² di RPM tadi, berarti terus ya yg kepake PJ yg sebelomnya yg ngga brebet²... biar enteng bawahnya buat harian sama bengsin juga, tapi sebenernya dengan PJ gede itu biasanya di pagi hari atau di cuaca dingin bisa sekali starter doangan lho ga usah pake choke segala, tapi ya kalo mo irit, dicari aja tuh PJ yg pas tadi ditest jalan sebelom terjadi brebet² di RPM tadi...
biasakan jarum skep klipnya ada di urutan tengah, supaya ga buang² duit jetting PJ, bisa dimainkan tuh urutan jarum skepnya, kalo urutan klip turun setingkat dari tengah brarti PJ naek ukuran setingkat dan seterusnya, kalo urutan klip naek setingkat brarti PJ turun ukuran setingkat dan seterusnya, jadi sebelom dibeliin PJnya bisa dilakukan langkah naek atau turun urutan klip jarum skep dulu...
sekian...
=========================================
=========================================
samakan persepsi...yg perlu diingat untuk set klip jarum skep adalah:
klip tengah itu normal..
kalo klip pindah dari tengah ke arah atas, artinya diiritin/kering kalo dari boros/basah (ini ngilangin rasa yg bawah/tengah brebet2/ketahan), tapi konsekuensinya begitu gaspol ruang jalur bensin yg tadinya lebih besar di nosel jadi berkurang karena profile jarum skep yg di posisi klip atas tadi(ini jadi berhubungan ke mainjet untuk naek ukuran dari sebelomnya kalo tadinya udah pas)...
kalo klip pindah dari tengah ke arah bawah, artinya dibasahin/boros kalo dari sebelomnya kering/irit (ini ngilangin rasa yg lemot/nyendat2 di bawah/tengahnya), konsekuensinya kebalikan dari konsekuensi yg di alinea atas ini...
oh iya.. gw mo mastiin aja nih ndet2an ama brebet2 blecet2 ketahan itu bedanya jauh yaa...
dan itu rasanya kek mo abis bensin (ndet2an/setting kering) juga beda ama kek kalo kemasukan aer atau cuaca dingin atau busi mo mati (brebet2 / blecet2 / setting basah / over kompresi)
ini kalo ngegas stengah atau belom gaspol:
kalo ndet2an ditambahin gas atau diplintir lagi gasnya udah pasti ilang atau langsung normal ngelaju...
kalo brebet2 blecet2 bisa kek diatas tapi ya bisa juga boro2 ngelaju, nambah ketahan iya dah, udah dibleyer2 gas nya utk buang olsam yg ngendep tapi masih tetep nahan ya barti settingannya kebasahan...
kalo udah gaspol:
brebet2 / blecet2 / ngeretek bisa jadi setting kering bisa juga over kompresi..
kalo kering artinya mj kurang gede dan itu biasanya berakhir ngejammed / jebol / bolong seher... yg ini variabel laennya sebenernya bisa dari ketinggian pelampung karbu yg blom pas(terlalu tinggi) atau kerenggangan stopper yg blom pas(terlalu renggang)
klip tengah itu normal..
kalo klip pindah dari tengah ke arah atas, artinya diiritin/kering kalo dari boros/basah (ini ngilangin rasa yg bawah/tengah brebet2/ketahan), tapi konsekuensinya begitu gaspol ruang jalur bensin yg tadinya lebih besar di nosel jadi berkurang karena profile jarum skep yg di posisi klip atas tadi(ini jadi berhubungan ke mainjet untuk naek ukuran dari sebelomnya kalo tadinya udah pas)...
kalo klip pindah dari tengah ke arah bawah, artinya dibasahin/boros kalo dari sebelomnya kering/irit (ini ngilangin rasa yg lemot/nyendat2 di bawah/tengahnya), konsekuensinya kebalikan dari konsekuensi yg di alinea atas ini...
oh iya.. gw mo mastiin aja nih ndet2an ama brebet2 blecet2 ketahan itu bedanya jauh yaa...
dan itu rasanya kek mo abis bensin (ndet2an/setting kering) juga beda ama kek kalo kemasukan aer atau cuaca dingin atau busi mo mati (brebet2 / blecet2 / setting basah / over kompresi)
ini kalo ngegas stengah atau belom gaspol:
kalo ndet2an ditambahin gas atau diplintir lagi gasnya udah pasti ilang atau langsung normal ngelaju...
kalo brebet2 blecet2 bisa kek diatas tapi ya bisa juga boro2 ngelaju, nambah ketahan iya dah, udah dibleyer2 gas nya utk buang olsam yg ngendep tapi masih tetep nahan ya barti settingannya kebasahan...
kalo udah gaspol:
brebet2 / blecet2 / ngeretek bisa jadi setting kering bisa juga over kompresi..
kalo kering artinya mj kurang gede dan itu biasanya berakhir ngejammed / jebol / bolong seher... yg ini variabel laennya sebenernya bisa dari ketinggian pelampung karbu yg blom pas(terlalu tinggi) atau kerenggangan stopper yg blom pas(terlalu renggang)
kalo over kompresi artinya silinder head mesti disesuaikan/dimodif, biasanya yg kek gini ngga ampe ngejammed/jebol tapi silinder head ama seher ada totol2 kecil lubang2 gituh, dan yg pasti RPM atau peak power biasanya dibawah 9000-10000 rpm udah brebet2/blecet2/ngeretek..
smoga faham beda ndet2an/nyendat2 ama brebet2/blecet2 yaa...?
smoga faham beda ndet2an/nyendat2 ama brebet2/blecet2 yaa...?
=====
Jarum skep...
oh iya untuk acara jetting ini, selain CDI standar sehat, gear mesti standar-dar kaga pake rasio, kalo hiu 13-43, kalo lumba² 14-43 supaya ga mesti nyari trek yg panjang, 200-400 meteran cukuplah....
cek warna busi...
link..
===
yg mo menuju ke profile jarum skep bisa menyimak link dibawah ini...
diagram karburasi...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar