Selasa, 19 Agustus 2014

Troubleshooters

Buat yg ada masalah sama motor satrianya..
sebisa mungkin nanti isi komenannya dilist di dalem document ini... 

dan juga kalo mo share racun-racun apa saja...
yg dapat membuat satria para 120ers ngacir atau ngirit atau dll dsb dst dkk...
yg PnP Plug n Play atau yg tinggal aplikasi...



 Hascaryo Yoga Utomo :
 ngulang utk om gugy dan yg laen deh biar kita seragam persepsinya...  
mesin yg gampangnya kita bagi 2 bagian besar dulu:  
1. bagian yg berdiri yg isinya seher itu ada silinder/boring, disitu itu yg biasa bocor adalah silinder yg keatas/head, kmungkinan paking head, ada silinder yg ke bawah/blok itu biasanya rembes juga pakingnya atau dari lubang exhaust ya paking knalpot...  
2. itu mesin yg telentang berisi gearbox, sblah kanan ada perkoplingan biasanya paking juga rembes atau dari sil kick starter, sebelah kiri perlistrikan, ada sil kruk as dibalik magnet ama sepul itu bisa bocor juga dan rembesan oli bisa keluar dari tutup magnet yg bak kiri itu karna bagian bawahnya ada lubang kecil yg diciptakan utk keluar rembesan oli yg menandakan sil kiri kruk as kalo rusak, masih di kiri ada sil gear depan ada pompa oli samping yg juga bisa mengalami kebocoran, trus bagian tengah bawah ada baut pembuangan oli mesin yg bisa juga rembes.. smoga bisa pada faham.. kita2 yg disini ngga tau sbrapa level pengetahuannya soal motor, jadi mohon dimaklumi kalo ada penjelasan yg singkat tapi ada juga penjelasan yg panjang lebar kek gini tanpa bermaksud menggurui..  
 November 20, 2013 at 9:13pm 

# Jarum bensin error (trouble di pelampung tangki bensin)

# Selahan (kick starter) ngampleh (kaga mo balik) 

# Bearing as gear depan

# Bearing bambu mangkok kopling



# Rumah kopling berisik




# Swing arm bearing full set


# Soket CDI 

# Sok depan trouble


# Baut tanem crankcase blok silinder


# Masalah motor ndut-ndut an



  • December 27, 2013
  • Bill Nak
    Selamat malam om yoga om mau nanya nih, kenapa ya di saat rpm tengah motor kayak nangis gitu suaranya naik turun naik turun trus tersendat sendat, hanya di rpm tengah aja sih, kalau udh di gaspoll udh enggak.. Padahal gear set udah saya ganti 2 hari lalu, pengapian standart ori lumba..piston udh os 75 tapi waktu di kolter saya bilangin ke tukang bubut mau langsung di gaspoll jadi di licinin, lebar squish udh menyesuaiin. Mohon bantuanya om, soalnya malu kalau lagi di tempat ramai trus mesin motor bunyi kyak gitu
  • Hascaryo Yoga Utomo 
    biasanya karna kombinasi pj mj blom pas... 
    kalo dikecilin anginnya ada perubahan, semisal tetep ada tapi agak bergeser di rpm yg agak tinggi nyendat2nya, dicoba kurangin gap stopper rumbrannya 1-2mm om...
    kabarin lagi ya kalo dah dicoba... kalo puteran anginnya ditutup stengah ada perubahan ngga...? open filter ya..? ini kalo mo tetep pake pj mj ukuran sekarang yaa...dicobain yg gampang2 dulu diatas, kalo emang berhasil barti ada kemungkinan pilot jet minta naek...box filter udaranya dilengkapin aja om sampe sebusa-busanya...
  • Bill Nak
    Okokok om besok saya ripiu lagi, di coba dlu kecilin setengah setelan anginnya. Maksudnya di kurangin gap stopper rumbran tingginya di turunin 1-2mm ya om? Box filter udh ga ada om -.-" nanti bsk saya ripiu lagi om.
    Iya om open filter.. Oh iya om, rpm bawah saya sih udah basah, kalau mau di tutup setengah lagi setelan anginnya nanti jadi lebih basah lagi dong, nnti saya coba dlu om.
    Atau langsung di turunin saja ya tinggi stoppernya 1 atau 2 mm.
  • Hascaryo Yoga Utomo
    iya stopper kerenggangannya dikecilin..mending dikasih filter udara om, minimal TDR lah yg murmer..
    kalo mo mulai kelas selanjutnya dari jetting sih bisa ke profile jarum skep om, kita bisa mulai maen taper dari jarum skep, tandain aja plintiran gas nya semana waktu mulai nyendat2 itu..
    baru om dhaenk arisandy aris doangan yg lulus kelas jetting dan dah masuk kelas profile jarum skep..bisa konsultasi juga ke dia om..
    kecuali ngga keberatan nyiapin / beli pj mj semua tingkat ukuran sih..
  • Bill Nak
    ke² om, PJ skrng sih 22,5 MJ 100, PJ 25 udh ada, MJ 105, 110 udh ada. Tapi saya udh coba naikin PJ ke 25 malah lebih basah (ga enak).. Bsk saya turunin aja dlu tinggi stoopernya, kayaknya udh kettinggian stoppernya, rumbran di masukin ke crankcase harus maksa gitu hehehe
  • Hascaryo Yoga Utomo
    wehehehehey... terjawab sendiri.. tapi saran gw tetep om, pakein filter udara, sayang2 baru oversize, TDR aja asal rajin seminggu atau 2 mminggu sekali disikat bersihin...
  • Bill Nak
    Siap siap om
  • December 28, 2013
  • Bill Nak
    Om yoga saya udh tutup setengah setelan anginnya tapi stopper blm saya turunin, suara nangis" nya udh agak sedikit berkurang, jadi tinggal turunin gap stoppernya 2mm ya om.
  • December 29, 2013
  • Hascaryo Yoga Utomo 
    barti iya.. udah bergeser range nya, barti bener coba turunin gap kalo kombinasi ukuran pj mj mo tetep yg sekarang...
    lanjut gaaann..
  • December 29, 2013
  • Bill Nak
    Om yoga, MJ udah saya naikin 1 step jadi 105, PJ masih tetap 22,5 klip jarum di tengah, putaran angin 2 putaran. Gap stoppernya blum saya turunin karena kunci L buat buka bout intakenya lagi di pakai temen. Suara nangis" tersebut udah hilang om
  • Hascaryo Yoga Utomo
    barti itu kombinasi pj mj yg pas nya...
    dah lulus lah om kelas jetting..belajar maen profile jarum skep aja, beli repairkit karbu satria atau force 1 diambil jarumnya buat eksperimen..
  • Bill Nak 
    Wehehehee iya om makasih ya om
  • December 29, 2013
  • Hascaryo Yoga Utomo
    siaaapp...








# Masukin gigi susah / keras


  • Janoko Lintang Nurul Hikmah:  oia trouble motor gw yang kemaren ngeluh kaga bisa masuk gear 2 pasti nyangkut di Netral dulu ternyata gara2 gerigi di pedal perseneling dah aus banget. Pas ke Lokal sempet diakalin sama pa'e diselipin serabut kabel kopling, cuman ga tahan sampe kemaren tuh. Jadinya gw beliin pedal perseneling baru aja 75k. Langsung pasang n kencengin sampe cukup kenceng n pageuh. Mantap lagi deh :D(y) 
  • June 14, 2013 at 9:50pm
  • Bro Qbils: gerigi di pedal perseneling = As perseneling Wkwkwk 
  • June 14, 2013 at 9:55pm
  • Janoko Lintang Nurul Hikmah: bukan AS perseneling yang masuk ke gearbox 
  • June 14, 2013 at 9:57pm
  • Bro Qbils: Wah ... Apakah itu ? 
  • June 14, 2013 at 10:04pm
  • Janoko Lintang Nurul Hikmah: pedalnya aje bil, kan yang dilobang yang dibaut itu ada geriginya 
  • June 14, 2013 at 10:05pm
  • Bro Qbils: Oooh itu 
  • June 14, 2013 at 10:19pm
  • Altony Asia Habby: permisi suhu-suhu 120ers,,ane mau nanya,kalo oper giginya keras+susah saat nurunin gigi,itu kenapa ya??mungkin bisa diberi pencerahannya...terima kasih... 
  • June 18, 2013 at 11:38am
  • Janoko Lintang Nurul Hikmah: Ah siul ngeledek gw nih :ngakaks Coba cek bagian pedal perseneling om. Masih kenceng atau dah longgar n rompal geriginya. Kalo iya bisa coba ganti pedalnya dulu. Kalo bagian pedal masih OK cek per stopper dibagian blok mesin kanan deket rumkop. Kali dah letoy per-nya. Cek juga ketebalan kampas kopling, sape tau dah selip Cmiiw 
  • June 18, 2013 at 
  • Devid Mustapa: ini masalah turun gigi yg harus disentuh dulu dikit operan perseneleng nya ke atas bisa terobati dg cara dikikir bagian ini nya dikit 3-4 kali gesek kikir, apa ga apa2 om Yoga dikikir itu nya dikit?? https://www.facebook.com/photo.php?fbid=164111973796332&set=p.164111973796332&type=1 
  • October 25, 2013 at 6:17pm
  • Devid Mustapa: trus ane jg ngedouble per ini biar daya baliknya lebih bagus... apa ga apa2 jg? https://www.facebook.com/photo.php?fbid=164112270462969&set=p.164112270462969&type=1 
  • October 25, 2013 at 6:19pm
  • Ervan Ayahnya Nayla: Devid, penyakitnya sama kayak punya gw tuh. mo nurunin gigi musti dicolek dulu ke atas 
  • October 25, 2013 at 7:01pm
  • Devid Mustapa: iya kek gitu om... td sih udah ane coba lancar dg cara gini dicoba dioper2 dalam keadaan diem sih sambil ban blkang diputer2 ga perlu dicolek dikit keatas lagi, blm keburu dipasang semua... besok deh ane ripiu hasilnya pas lagi jalan motornya.... 
  • October 25, 2013 at 7:05pm
  • Eyang Albert: ane minyak yah suhu 
  • October 25, 2013 at 7:09pm
  • Ervan Ayahnya Nayla: nunggu hasil repiu, sembari nantjep  
  • October 25, 2013 at 7:56pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: di index mabes keknya ada penjelasannya dari om ian jintramtam, seinget gw sih ntu per kecil diganti punya tornado.. cmiiw 
  • October 25, 2013 at 8:23pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: kalo yg dikikir ntu sih kaga tau dah info darimana..  yg sepengalaman gw ya cuma jgn kendor aje ntu baut tuas pemindah gigi yg ngiket as persnelengnya.. nah biasanya ntu karna dah pada aus grigi2nya, bisa di tuasnya atau as nya, kalo itu semua ngga ada majalah ya tinggal per kecil itu dah yg tadi gw tulis di komen sblomnya.. 
  • October 25, 2013 at 8:29pm
  • Devid Mustapa: dikikir itu cuma muncul tiba2 aja dipikiran ane om, soalnya udah dicoba 2 per tetep aja mesti sentuh dikit ke atas injekan persenelengnya (dioper2 dalam keadaan diam sambl muter2 ban blkang) diliat2 bagian itu nyangkut dikit pas turun gigi, jadi ane coba papas... dikit doang ga sampe setengah mili ane mapasnya... td sih dicoba oke,cuma belum dinyalaain blm dipasang semua...takutnya ada pengaruh dampak negatif digituin makanya tanya2 dulu...  
  • October 25, 2013 at 8:48pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: barti emang blom ada yg nyoba, harusnya diganti per kecilnya itu udah beres kalo mnurut suhu semarang.. tetep diripiu terus om...  
  • October 25, 2013 at 10:24pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: kalo pengalaman gw sih ya cuma yg tadi itu ama ganti olmes baru, soalnya cocok2an itu olmes juga..  
  • October 25, 2013 at 10:26pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: pengalaman gw soal olmes pernah pake pertamini punya blom ada seminggu dah susah ngoper giginya, pernah pake motul juga eh brasa nya selip kek kampas mo abis... akhirnya shell atau fuch dah yg cucok, keknya dah mo mecahin rekor setaun blom ganti...  
  • October 25, 2013 at 10:31pm
  • Devid Mustapa: kalo SGO om gmn? 
  • October 25, 2013 at 10:32pm
  • Boncil Jozz: ikutang nyimak om,,, skalian nanya olmes biasanya ganti brapa lama y om,, ane 3x pajek ga ganti olmes,, motor pake harian.... hehee 
  • October 25, 2013 at 10:51pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: SGO mantabe di SW gw, pindah om ntu doc ngomongin oli ada juga...  
  • October 25, 2013 at 11:29pm
  • Devid Mustapa: dan ternyata bengkoooook cam ni kakak as persenelengnya adoooh https://www.facebook.com/photo.php?fbid=164320000442196&set=p.164320000442196&type=1 
  • October 26, 2013 at 1:00pm 
  • Devid Mustapa: bengkok https://www.facebook.com/photo.php?fbid=164320093775520&set=p.164320093775520&type=1 
  • October 26, 2013 at 1:01pm
  • Devid Mustapa: oya ripiu hasil kemarin,ngedouble per+kikir spatu operan yg bawah+ganti as perseneleng.... jos gandos ngoper naik turun easy,ke netral juga gampang  
  • October 26, 2013 at 7:25pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: barti cuma ntu masalahnya om.. bengkok..  
  • October 26, 2013 at 9:37pm



# Motor ngegerung doang ngga laju / kopling selip
  • Plue White: permisos brother semua...saya mau tanya euy,, motor terkadang ngegerung pas lg jalan di gigi 3 - 5.. (antara gigi 3,4,5 maksudnya), tapi terkadang pas oper gigi 3-5 suka nga masuk (nyangkut) harus di ijek dikit kebawah pedal operanya atau di congkel...dan kalo nyang saya rasain sih di rasionya ( nyang kata katalog sih "cam gear shifting" namanya, kalo bahasa manusiawinya apa saya nga tau) tapi itu yang saya rasain kalo motor pindah gigi terus nyangkut ( giginya ga masuk atau ga nambah)...nah untuk yang lagi jalan adem ayem tiba tiba ngegerung itu saya ga bisa nerawang, pokonya pas ngegerung, bak kopling saya berisik,, krotok krotok krotok.. :Bingungs:...saya minta pendapat dan masukan dari para suhu sebelum terjun ke lapangan... detail yang saya rasain seperti yang di atas...barang kali suhu pernah ngalamin hal sama...atau tau lebih jelas kenapa..mohon bantuanya suhu.. :galau:terima kasih... 
  • August 14, 2013 at 12:27pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: pertama cek dulu itu tuas injekan pemindah gigi dengan as persenelengnya, mereka itu harus fix ngga boleh ada longgar atau oblag sedikit pun(ini diantara mereka aja ya)..atau bisa dicek yg bearing bambu gepeng di setutan tutup rumah koplingnya... 
  • August 14, 2013 at 3:38pm
  • Plue White: okee deh.. makasih mas yoga informasinya...besok di operasi...btw, dicek bearing bambunya itu, kalo ketauan udh jelek atau rusak gimana mas?? macet atau ga bisa muter kah??? 
  • August 14, 2013 at 4:17pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: yg gampang dulu aja itu sektor sebelah kiri nya... 
  • August 14, 2013 at 4:45pm
  • Plue White: Lapor...Perseneleng sama tuas giginya nga oblak, normal mas....tinggal cek bearing bambu gepeng klo gt yah mas??Soalnya tadi di pake jalan santay ngegerung lg tiba tiba,. 
  • August 15, 2013 at 1:25pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: sekalian cek juga kampas koplingnya, mungkin ada yg udah abis... 
  • August 15, 2013 at 1:32pm
  • Plue White: siap mas... nanti klo udh uji coba di laporken lagi...info tambahan... kampas kopling baru ganti mas.. sepaket..tapi saya ngeliat plat koplingnya 3 lempeng kyknya bukan bawaan satria...yang 1 lempeng bawaan satria #harus  siap siap belah mesin nie.. @_@... 
  • August 15, 2013 at 1:50pm
  • Plue White: duh maaf keteken enter...jadi 3 lempeng itu rata mas,, permukaanya alus.. kan kalo yang satria ada semacem lobang kecil kecil gt... nah yang 1 lempeng yang macem itu mas...apa dari plat jg bisa berpengaruh???yaudalah, operasi bearing gepeng dlo...makasih mas... nanti hasilnya saya laporkan lagi... 
  • August 15, 2013 at 1:53pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: hooo... ngono kuwi lhoo... kejawab sendiri berarti itu... ngga perlu belah mesin lah om, bongkar bak kanan doangan...  
  • August 15, 2013 at 2:14pm
  • Plue White: oalaahh...yauwis,,, nanti saya beli dlo platnya baru bongkar dah...suwun mas... terima kasih...nanti saya ripiu lagi.. 
  • August 15, 2013 at 2:30pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: ya sekalian dicek yg laen2nya tadi yg diatas itu deh.. 
  • August 15, 2013 at 3:50pm
  • Plue White: mau ngasih ripui tentang masalah saya, dan sudah saya ganti plat kopling, bearing bambu gepeng stut kopling...dan pas saya cek,, plat kopling udh tipis, dan ga wajar lah di banding saya liat plat baru, dan stut kopling bagian pangkalnya ada semacem cincin gt tapi ini coak(ngelingkar), mungkin akibat dari bearing bambu gepeng yang udh jelek...setelah 1 hari uji coba,, masalah ngegerung pas lagi adem ayem nga ada, masalah oper gigi jg belum ada kendala...nanti saya ripiu terus selama 1 minggu masa uji coba... sampai bener bener fix...terima kasih untuk mas yoga, dan semua brother satria 120ers..salam ngebul dari karawang..  
  • August 30, 2013 at 5:51pm

# Roda belakang / tromol oblak / jalan berasa nggeleyot belakangnya

Devid Mustapa: kemaren roda belakang oblak udah dicek di bolak balik ga kliatan ada masalah ato ada yg janggal, trus dipasang lagi tuh roda tp tetep oblak, tadi sore penasaran bongkar smua laher, ternyata laher yg ditengah ancur kaga kliatan kalo diliat dari luar doang ruh laher ancur...



# CDI lumba dipasang di hiu 
  • Insan Wahyudi: mohon petunjuk.kl satria hiu pke cdi orinya lumba jalur kabel yg disoket cdi da yg dirubah ga ya?? kl iya yg warna apa? thanks 
  • January 4 at 4:53pm
  • Ervan Ayahnya Nayla: pin nomor 3 & 4, warna kabel hijau/putih & biru/kuning. Dua kabel itu dari pulser. Dituker aja posisinya. 
  • January 4 at 5:03pm
  • Insan Wahyudi: siaap bang!! kl performa sama aja ga ya?? drpd beli orinya hiu,tekooor deh... 
  • January 4 at 5:26pm
  • Ervan Ayahnya Nayla: Waktu itu, gw cm nuker pinnya aja sih. Trus temen tg ngetest performanya. Dia bilang sama aja sih. Cm jarum rpm jd ngga hidup sih. 
  • January 4 at 5:30pm
  • Insan Wahyudi: maturnuwun 
  • January 4 at 5:35pm

# Ngejammed / ngejim / ngancing / gancet / motor mati mendadak disaat gas / gigi tinggi 
 Teguh Pranoto: Para suhu mhon pncrahannya mtor stria ane dah kohar. Head dipapas, magnt dibubut. Karbu n spuyer na standar, cdi standar. Mtor lo dibwa ngebut skitar jrak 300 meter, mtor tiba2 mati.Trus bisa dinyalain lg,, tpi pas kmrin dibwa ngbut mtor mti lg mlah gk mw nyala lgi ampe skrg.Mksih 
August 13, 2013 at 11:45pm

Vandi C'nak C'nokbeuleudug: saya pernah pengalaman kyk gt um di chek rupanya setingannya keborosan dan membuat busi mati.mohon maaf klo ada kata2 saya yg salah  
August 14, 2013 at 12:27am

Hascaryo Yoga Utomo: mukelele setting keborosan... dah jelas itu ditulis, karbu n spuyer standar...lha gimana sih, motor dah dikorek2 dipapas2 dibubut2 kok ya jeroan karbu dibiarin standar...dah wassalam tuh motor, sehernya rompal atau businya rompal, atau ya dua2nya rompal plus bonus silinder blok baret...pindah bengkel dah...cari bengkel yg dah buka lama dari jaman dulu biar faham 2 tak, terus minta bongkarin silinder bloknya, mesti oversize tuh keknya, jangan sampe overbos, hajar aja pake seher aftermarket boreup kalo yg sekarang os nya dah 100..ditunggu ripiu baliknya...
August 14, 2013 at 10:30am
Hascaryo Yoga Utomo: eh iya... mpir lupa... daripada dejavu...nah terus nanti kalo udah oversize, ya di rejetting lagi itu karbunya, siapin aja spuyer2nya naek 1-2 tingkat...  
August 14, 2013 at 10:32am

Teguh Pranoto: Ia om @hascaryo yoga utomo mksh sblumnyaane kmrin dah bongkr head na n' bnr dugaan boring lcet. Trus sxan busi ane ganti. Tpi pilot jet na blum ane ganti.mtor ane mw nyala trus tpi pas dicoba dibwa jln skitar 2,5km mtor mati lgi n kg mw dinyalain lgi.
August 16, 2013 at 12:34am

Ervan Ayahnya Nayla: @teguh : abis 2,5 km & mati, didiemin..... bisa nyala lg ngga? bisa jd koilnya dah payah. klo koil dah panas trus mati.
August 16, 2013 at 8:39am

Janoko Lintang Nurul Hikmah: matinya pas apa dan rasanya gimana?
August 16, 2013 at 8:44am

Teguh Pranoto: Dlunya ce mw nyla lgi bang ervan tpi skrg ogah2an ampe pgl kakinya.Pas dibwa ngbut n klo dipke jlan skitar 12km bang janoko, rsanya kya kurg oli samping. Msin klok n ban blkng nyret, pdhal oli smping pas tkrannya
August 16, 2013 at 4:47pm

Hascaryo Yoga Utomo: mungkin bisa pda dibaca2 document share info karbu jetting dan sebelomnya ke document share spek detail motornya dulu, biar analisa atau diagnosa nya ngga kek dukun yg bisa cuma bakar menyan ajah..  
August 16, 2013 at 10:14pm

Muhammad FaQih: @om yoga : mau nanya nih,trouble motor satria ane,speknya : udah os jadi 125,karbu ori,knalpot racing ahau,yg jdi pertanyaan apa bner kalo pake knalpot racing gakan keluar tenaganya? Lebih baik pake knalpot orinya,gt? Trus maniful ane lokal nih,apa bener juga,tenaga ga keluar gara2 manifulnya? Tadi pas di servis di cek,dalemnya udah mulai menyempit gt,Trus yg bikin aneh,kan satria ane sebelum servis lancar jaya,masalahnya ya tenaga kaga adaan,alias kalo di gaspol ngeden aja,nafasnya jdi pendek,nah pas tadi di servis lagi,mekaniknya bilang yg bikin ga keluar tenaga PRnya : knalpot pake ori,jgn pake racing,nah terus dia bilang,kalo pake knalpot racing gini pengapiannya di majuin,gt katanya,yo wes ane ngikut aja kata tuh mekanik,emg sih tarikannya jadi ringan,tenaga lebih baik dari sebelum servis,yg jadi troublenya pas barusan (skrg malem jam 9an) udah jalan 15 menitan lah + ekstra ngebut karena mau gawe,tiba2 motor ane kek yg ceket gt,tapi ane inget olsam masih full,bensin masih full juga,jadi pas kecepatan tinggi kopling di teken tuh kaya mau mati aja,udah aja skalian dicoba diberhentiin,bener aja mati beneran,trus pas diidupin agak susah dan lama,kaya yg kedinginan gt mesinnya,pas nyala asapnya jadi tebel keluarnya,nah dari cerita ane diatas yg jdi trouble apa yak? Mohon bantuannya,apalagi besok mau ikut kebogor juga  
August 16, 2013 at 11:14pm

Hascaryo Yoga Utomo: duh... sayang juga ya kita punya komunitas sebesar ini bukan tanya2 dulu... @Faqih senasib kek om teguh tuh.. jetting karbu ngga boleh dianggep enteng apalagi mesin dan segala macem dah dimodif ya logikanya butuh pasokan bahan bakar yg itunngannya ngga standar lah untuk ngimbanginnya... masuk akal kan ya..?  
August 16, 2013 at 11:42pm
Hascaryo Yoga Utomo: padalan udah sering denger cerita ngejim, dah pernah tau reflek tarik kopling itu penting... ya sudah nasi sudah menjadi bubur yg bukan bubur ayam koh akong...  berhubung masing bisa nyala ya coba diganti mainjet nya aja langsung 2 tingkat nyari amannya, semoga kejadian tadi cuma nurunin performa dikit ajah, sukur2 kalo tarikan masih ada powernya..  
August 16, 2013 at 11:53pm
Hascaryo Yoga Utomo: @Aksal awam soal motor ngga om..? kalo iya, coba cari bengkel yg dah lama bgt buka apalagi dah top dan biasa ngerjain motor 2 tak, minta service besar aja sambil dicatetin pertanyaan ke mekanik yg mbongkar untuk tau spek detail motornya dengan format data sperti yg ada di document share specification, nanti kalo dah keisi semua balik ke document tadi utk ripiu nya yaa...  
August 16, 2013 at 11:58pm

Teguh Pranoto: Om yoga biasanya dinaikin jdi brp pilot jt sma main jtny klo mtor ane speknya dah kya gtu??kta bngkl ce pj nya lngsung 30 n' mj nya dibiarin stndar.Mhon pncrahannya lgi om.  
August 17, 2013 at 1:10am

Hascaryo Yoga Utomo: lho.. blom dibaca om..? coba pelan2 mbaca nya... yg jelas sih mending pindah bengkel, second opinion ceritanya kalo dokter...
August 17, 2013 at 1:41am

Teguh Pranoto: Mksih om yoga n' pra shu yg laennyaPrmsalhn mtor ane dh klar.Trnyta bner dugaan ring sher ngjpit di sher kg mau mutr bebas,, pnts tuh mtor kg mw nyla lgi. sher ma boring lcet lgi. Pdhal bru gnti sher 3 bln yg lalu n mtor jrg dipke.Untung ane ngikutin sran dri om yoga tuk pindah bngkl klo ngga ane tkor dikibulin trus tuh montir.portingan blok sher krg pas,, pngapian kg dimjuin, pj ma mj kg dinaikin.Akhirnya smua dirubh alhsil tarikan nmbh entng, gas dri bwh smpe atas maknyus. Dan msin ga klok lgi lo diajak ngbut Tpi suara knalpot cetar membahna smpe orng yg mw nybrang jln pda ktakutn pdahl knalpot stndr rcing ahm.  
August 18, 2013 at 9:02pm

Devid Mustapa wah masa ring seher muter di seher o_O"
August 19, 2013 at 1:28am

Agus Sujanto Goenawan: sukur deh buat pak Teguh atas kesembuhan satrianya, akhirnya nambah pengalaman yg berharga ya pak, jadi ngeh history dari tunggangan kesayangannya, jadi lain kali sedikit banyak ngerti kalo nanti ngambek lagi, bisa sembuh ke bengkel mana pak teguh ?
August 19, 2013 at 12:47pm

Teguh Pranoto: ia alhmdulillah pak agus jdi bsa ngbul lgike bngkel tmen pak agus yg suka bwt in mtor drag
August 19, 2013 at 6:49pm

Muhammad Ibnu Fajri: halo gan, ada yg pernah ngalamin habis oli samping? terus motor mendadak mati, setelah diisi olsam lagi, nyala, tapi 100m jalan ndut2an kemudian mati, diselah bbrp kali baru nyala lagi, oh ya dari dalem blok seher juga bunyi krincing2, apa mungkin sehernya rusak? atau knp ya gan? blm sempet buka blok  tengs...
October 23, 2013 at 7:54pm

Eyang Albert: halo om itu dia namanya ngejim,jamned atau seher ngancing :ngakaks baret tu seher
October 23, 2013 at 8:06pm

Devid Mustapa: owh gitu ya om klo ngejim tuh yg sbnernya... #criiing jadi muncul dipikiran, kalo ane gasspolll tiba2 mati, 2x selah idup lagi,jgn2 cuma tekor bensin doang ya.... hmm hmmm.....
October 23, 2013 at 8:20pm

Muhammad Ibnu Fajri: ooh ternyata nyimak2 obrolan suhu2 dimari ngomongin ngejim tuh kaya gini  ngobatinnya gimana yah gan?
October 23, 2013 at 8:29pm
Muhammad Ibnu Fajri: btw sudah 4 hari sampe sekarang masih kayak gitu, gak bisa sembuh dengan sendirinya  
October 23, 2013 at 8:30pm

Chandra Si DJarod: untuk sementara lebih baik ente borosin oli samping gan.. atau klo ngga ngerti tambahin aja di tangki.. ya kira kira aja nambahnya.. 1 liter 1 tutup botol olsam atau 2 tutup lah.. solusinya mending buka blok nanti keliatan dah tuh seher baret nggak? blok baret nggak? kalo emang baret yang harus dilakukan ialah oversize..@Devid Mustapa, banyak macem.. bisa juga tuh bensin keiritan.. sampe sampe pas gaspol dimangkok karbu kosong dan mati.. settingan pelampung.. atau olsam mu kurang nak.. wkwkwk
October 23, 2013 at 8:45pm

Muhammad Ibnu Fajri: tengs gan  dicoba dulu gan  
October 23, 2013 at 10:32pm

Eyang Albert: Wah kalok sampe abis d mangkok karbu belom pernah tu.. kcuali emang abis bensin.. btw vakum yg ke karbunya gmn tu? :sotoy
October 23, 2013 at 10:52pm

Devid Mustapa: vakum?? :tik tok tik tok,,, yg bijimane ya?
October 23, 2013 at 10:57pm

Arisandhy Aris: kran vakum yg nempel di bawah tangki..
October 23, 2013 at 11:01pm

Devid Mustapa: owh ane di langsungin.... dah ga jalan ntunya, tp bensin lancarko ngocor nya
October 23, 2013 at 11:03pm

Arisandhy Aris: kalo bensin dari tangki lancar tapi tiba2 mati pas gaspol kemungkinan kek om mimin bilang diatas setelan pelampung karbu ketinggian.
October 23, 2013 at 11:08pm

Devid Mustapa: yap akan saya coba  
October 23, 2013 at 11:11pm

Arisandhy Aris: atau bisa jg karna olsam keiritan..
October 23, 2013 at 11:11pm

Devid Mustapa: itu juga mau saya coba  
October 23, 2013 at 11:11pm

Hascaryo Yoga Utomo: cek busi juga.. kali aja mainjet kurang.. gampang kan, pas abis gaspol ngejammed, tungguin bentar trus kluarin konci busi deh.. warna busi kalo perlu bau nya itu indikator yg mencakup semua deh..
October 23, 2013 at 11:16pm

Devid Mustapa: owh oke2  
October 24, 2013 at 12:54pm
Devid Mustapa: tuh om segini pas dikeluarin+dibuka mangkok karbu pagi2 sebelum motor dinyalain? kurang banyak ga pasokan bensin di mangkok karbunya?
October 24, 2013 at 1:32pm

Janoko Lintang Pratama: kalo lagi mati mana ketauan itu cukup apa kaga. Ketauannya ya pas lagi gaspol lah. Suaranya kan beda yaaa antara ngejim sama kurang bensin di mangkok karbu
October 24, 2013 at 1:44pm

Hascaryo Yoga Utomo: cek files/doc jetting, ada ilustrasi pelampung...itu yg disetting ketinggiannya, 19-20mm buat standaran...
October 24, 2013 at 1:46pm

Devid Mustapa: bunyi nya gini om Jan.... ngeeeeeeeek plek #wafat_mesin
October 24, 2013 at 1:46pm

Janoko Lintang Pratama: ngeek apa ngook?
October 24, 2013 at 1:53pm

Yuda Aldona: wkwkwkwkkk ngek ngok
October 24, 2013 at 2:37pm 



# Lampu rem belakang ngga nyala 
  • Prasetya Agung Sofianto: misi om mau tanya lampu rem hiu sy kok ga mau idup yah??padahal kalo lampu utama dinyalain lampu belakang ikut nyala..hmm kira2 salahnya dimana ya? makasih sebelumnya.. 
  • September 4, 2013 at 8:21pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: cek bohlamnya ada yg putus kaga..? 
  • September 4, 2013 at 8:54pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: nggak ada om,,tadi baru sy cek..aki juga baru lho..hhe 
  • September 4, 2013 at 8:58pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: atau ada salah di soket2nya mungkin yah?? 
  • September 4, 2013 at 9:06pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo sebelomnya nyala...? pake rem depan ape belakang nyalanya..? 
  • September 4, 2013 at 9:12pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: sebelumnya sih nyala,,pake rem depan om..kalo pake rem belakang emang udah ga idup soalnya udah pasang underbone.. 
  • September 4, 2013 at 9:19pm
  • Hascaryo Yoga Utomo: naaa... kalo sblomnya nyala, barti abis ngapain dah.. jalur kabel dibalik batok terusan handle rem atau jalur di buntut blakang.. 
  • September 4, 2013 at 9:24pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: kalo kaga abis ngapa2in ya tetep bohlam dah tsk nya, siang2 ngeceknya...  
  • September 4, 2013 at 9:25pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: yoi om,,tadi cuma ganti bohlam spedo jadi led.. masa ngaruh sih?? hmm kalo masalah lampu rem soketnya yg mana sih ya?? 
  • September 4, 2013 at 9:28pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: ya ntu barti kan bongkar batok yaa... kali aje jalur kabel yg dari handle rem itu ada yg kegimanain gituuuhh... 
  • September 4, 2013 at 9:55pm
  • Prasetya Agung Sofianto: iya deh om besok sebelum ngampus sy bongkar lagi cek soket2nya.. ok thanks a lot  
  • September 4, 2013 at 10:01pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: u're welcome.. ripiu dimarih lagi berhasil apa engga nya.. 
  • September 4, 2013 at 10:28pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: pasti om.. 
  • September 4, 2013 at 11:12pm 
  • Esabil Satria: agan agan..ada cara wat ngebersihin tengki bensin,slain dkuras.kyk dikasih cairan gt tengkinya..biar simpel.. 
  • September 4, 2013 at 11:43pm 
  • Prasetya Agung Sofianto: lampu udah nyala om sy beliin bohlam baru..ternyata bohlam belakang salah satunya putus..baru ngeh sy kalo bohlam belakang itu ada 2 filamen,,nah filamen yg buat rem itu yg putus  hihi 
  • September 5, 2013 at 10:46am 
  • Ervan Ayahnya Nayla: " 
  • September 5, 2013 at 12:11pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: hehehehe... bener kaaannn... makanya gw suruh liat siang2...  
  • September 5, 2013 at 1:35pm



# Diagram kelistrikan 
  • Rays Mas: (Maaf om yoga. sy copy dari Lounge,paste ksini) Brarti yg di katalog/diagram kelistrikan nd bs dijadikan patokan ya om Arisandhy Aris,,like this https://www.facebook.com/photo.php?fbid=4421752106018&set=oa.10150974120246347&type=3&theater 
  •  {(pin 3=kuning strip putih(YW)pin 4=Hitam strip putih(BW)} N ini pnampakan kabel scond yg sy liat (pinjam y Bro Qbils )https://www.facebook.com/photo.php?fbid=274466296017816... (lapak scond benar jg cocok dgn ketrangan 0m Arisandhy Aris).cm kok beda dgn katalog. Maaf klo salah2 komen. Thx 
  • Satria 120R LSCM Katalog https://www.facebook.com/photo.php?fbid=4421752106018&set=oa.10150974120246347&type=1&ref=nfBy: Hascaryo Yoga Utomo 
  • June 18, 2013 at 9:21pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: maap ogut ngga bisa bantu...gaptek elektronika.. :angkatangan: 
  • June 18, 2013 at 9:34pm 
  • Rays Mas No problem..om yoga, ntar suhu2 yg budiman lain moga2 cpet nongol (Arisandhy Aris) he2 
  • June 18, 2013 at 9:36pm 
  • Arisandhy Aris: kalo ane perhatiin penimpukan kabel body di lapak bro qibils.. keknya bukan cuman urutan kabel hitam ama kuning doang yg kebalik tapi urutan kabel merah ama kabel putih jg kebalik (komen ane di sebelah jg kebalik keknya ):sulam Kalo berdasarkan pengamatan ane di lapak bro qibils urutan kabelnya sbb..
  • 1 2 3 4  1. Kabel warna merah. 2. Kabel warna putih. 3. Kabel warna hitam. 4. Kabel warna kuning. 
  • June 18, 2013 at 9:51pm 
  • Rays Mas: Iy om Arisandhy Aris.. cuma di katalog itu kok beda banget WR-R-YW-BW.. jd harus bka spul donk y,,untuk mastikannya n katalog diagram tsb nd bs jd patokan 
  • June 18, 2013 at 9:56pm 
  • Rays Mas: Dihiu sy saat ini urutannya 1.merah 2.putih nah yg 3.coklat 4.hijau (krn dl kasusnya lampu sering putus jd dibw ama ponakan ke bengkel trus diganti bengkel diisolatif agak pjg kyaknya ltak sambungan,hrus bk isloasi smpe diatas mesin kyaknya) 
  • June 18, 2013 at 10:08pm 
  • Arisandhy Aris: keknya cuman urutan di pin soket kiproknya doangan om yg ketuker... warna kabel yg dikatalog setau ane masih bisa jadi patokan.. dan gak perlu bongkar spul buat mastiin. :sulam 
  • 1.kabel merah = kabel output spul ke aki dan kunci kontak. 2. Kabel putih strip merah = kabel output spul menuju kiprok. 3. Kabel Hitam strip putih = kabel jalur ground. 4. Kabel kuning strip putih = kabel jalur lampu. 
  • June 18, 2013 at 10:17pm 
  • Rays Mas: Brarti klo diagram tetap bs jd patokan,,jd nd msalah y antara 1-2 tukeran n 3-4 tukeran.. maaf om bukan nyolot,,mmg betul2 nanya, siapa tau dgn pmasangan yg benar bs buat usia kiprok n Accu awet". Penampakan didiagram/katalog 1.Putih strip merah 2.Merah 3.kuning strip putih 4.hitam strip putih /(WR-R-YW-BW) 
  • June 18, 2013 at 10:29pm 
  • Arisandhy Aris: daripada repot bongkar kabel body mending cek pake multitester aja , kalo ada pake multitester digital yg ada fungsi continuity nya trus cek satu per satu/secara bergantian kabel hijau ama coklat... kabel yg connect dgn ground/body motor adalah kabel yg nyambung dgn kabel hitam strip putih...sebaliknya yg gak connect nyambungnya dgn kabel kuning 
  • June 18, 2013 at 10:34pm 
  • Rays Mas: Ok thx..ntar sy tes 
  • June 18, 2013 at 10:36pm 
  • Arisandhy Aris: Kalo urutan kabel yg masuk ke kiprok salah/ketuker otomatis menimbulkan masalah om..:sulam skrng ane mo tanya dulu kondisi hiunya gimana...? Normal atau ada masalah..? 
  • June 18, 2013 at 10:38pm 
  • Rays Mas: Tdk ad mslah, cm dl pernh sy cb tuker tu antar kabel coklat skrg yg diposisi 3.Kabel Hitam strip putih ke posisi 4.sesuai katalog diagram(didiagram massa/kabel hitam di no.4 BW). pake siang hr sbentar nd ad perbedaan,nd brani lama. Pengennya sih disesuaikan diagram krn dibandrol resmi kayaknya,cm takut jd tanya2 yg pengalaman dl 
  • June 18, 2013 at 10:47pm 
  • Arisandhy Aris: kalo gak ada masalah brarti kemungkinan besar urutan kabel yg di soket kiprok udah benar..cmiiw. Btw...pas kabel pin 3 dan 4 dituker perbedaannya apa jika dibandingkan dgn sebelum dituker..? 
  • June 18, 2013 at 11:28pm 
  • Rays Mas: Nd trasa perbedaannya, cm pake bentar nd brani lama n socket lampu n spido sy cabut dl. klo ksimpulan sy,, posisi yg skrg sdh bnar sesuai dgn penampakan kabel body n komennya om Aris. Brarti yg didiagram kelistrikan perlu riset lg posisinya Krn beda pin 1-2 n pin 3-4 nya 
  • June 18, 2013 at 11:34pm 
  • Arisandhy Aris: kalo masalah urutan kabel kiprok yg di diagram kita serahkan sepenuhnya ke om admin...  
  • June 19, 2013 at 12:10am



# Masalah Aki / Accu

  • Marwan Nvd: Maaf para mastah2 skalian, mudah2an gag slah kamar... tentang mslah aki, aki ane yg skarg kan msh pake tipe aki basa. kayanya dah gag bner lgi, trus ane mw upgrde ke aki kering.aki satria kan 3 ampere, kl make yg ampere'a lbh besar bisa gag??apa ada pgaruhnya???scara ane sdh mncari2 aki kering MF yg 3 ampere susah juga, mohon pencerahannya para mastah2 yg baik hati....thx   
  • June 11, 2013 at 10:08pm 
  • Hascaryo Yoga Utomo: aki itu yg paling penting kode type nya om, mo amperenya gede kalo kaga setipe pan juga kaga bisa masuk dikotakannya... 
  • June 11, 2013 at 10:22pm
  • Marwan Nvd: berarti mw berapa pun amper nya gag jadi masalah, gitu ya om??yg jdi msalah dudukannya doang ya om, muat apa kaga tuh aki baru... yg bkin ane jdi bimbang, ya itu td msalah amper. ane nanya2 katanya kl ampernya beda gag bisa, nnt ada maslah di klistrikannya... 
  • June 11, 2013 at 10:35pm 
  • Paltiraja Doank: @om marwan nvd, saya pake aki kering toyo 12V 4A + dc booster(handmade ), aman" aja si om lampu terang klakson nyaring stater (maklum basicna satria s) jalan, kalo typenya buat apa lupa yg pasti di box aki satria lumba kekecilan ane ganjel pake busa +dus bekas akinya dilipet biar sreg  akinya kecil, PnP soket bautnya. 
  • June 11, 2013 at 11:50pm 
  • Ganzar Salata Ontohod: Om marwan, Kalo jalur kelistrikan masing standar mah mending aki standar 3Ah aja om. Kalo mau awet mnding pilih aki basah... Asal sering dicek aja air aki nya... Ane dl aki basah Bisa 2 taunan lbh. Sekring pake 10A aja...Cmiiw n imho.. 
  • June 11, 2013 at 11:52pm 
  • Marwan Nvd: @Om Paltiraja Doank, keknya itu buat vario ya kl 4 amper.. :CMIIW @Om Ganzar Salata Ontohod, iya sih msing standar, masalahnya aki ane airnya sering pada kluar gitu bkin kerak2 kuning di terminal aki'a trus mnjalar ke kabel.emang ada pengaruhnya ya om, kl klistrikan msh standar ganti aki yg amper'a lbh besar???thx 
  • June 12, 2013 at 12:06am 
  • Ganzar Salata Ontohod: Kalo biar ga ada kerak coba dikasi gemuk aja om di (+) n (-) nya...Pengaruhnya sih ya pasti ada, kek om paltiraja bilang. Efek nya jg kmungkinan ada... Entah itu cepet ato lambat...cuman ya balik lagi, standar mending pake sesuai standar pabrik...ya brarti kan udah dipikirkan ama propesor jepun sana yg ideal n terbaik buat kebutuhan motor kita... Cmiiw lagih... 
  • June 12, 2013 at 12:17am 
  • Arisandhy Aris: @Marwan NvdSekedar nambahin pencerahan suhu diatas..Sebelum kutub akinya dikasih gemuk sebaiknya kerak dikutub akinya dibersihkan dulu..Ganti aki dgn ampere lebih besar pada motor yg pengisiannya masih standar membutuhkan waktu pengisian yg lebih lama jika dibanding dgn aki standar sehingga lama kelamaan aki berpotensi tekor (low voltase).CMIIW jg.. :sulam 
  • June 12, 2013 at 1:00am 

2 komentar:

  1. Sob emang ada ga ya satria lumba pake cdi shendengen

    Ane pnya satria hiu cdi cdi palsu servis di bengkel,ane minta ganti cdi ori satria lumba,malah di kasih cdi shendengen,,itu ngaruh nya gmn sob ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadi ajah, mungkin ada suhu yg lebih paham bisa jelasin.
      Yg ane rasain si kmren pengaruh nya cuma putaran mesin jadi kurang stabil.. jadi sering maen kopling kalo lagi pelan, soalnya motor loncat2an Mulu😁😁..

      Hapus